Rabbanitour & Travel
Travel Umroh Terpercaya Pilihan Keluarga Indonesia

Wisata Kota Kuno Petra

Petra – adalah sebuah kota batu (Petra berarti ‘batu’) yang pernah hilang selama ribuan tahun yang menjadi pusat perhatian di dunia karena masih ada beberapa misteri yang belum terungkap dari kota yang hilang bersamaan dgn berakhir nya perang salib pada abad ke-12 Masehi. Karena itu pula kota ini disebut sebagai The Lost City. Saat memasuki kawasan wisata kota kuno Petra Anda akan akan melihat jejeran bangunan megah yang dibuat dan dipahat dari batu-batu berukuran raksasa. Sebuah bangunan peradaban pada zaman kuno yaitu berupa kota yg di pahat di batu, petra yg terkenal itu, di buat dengan sedemikian rupa sehingga matahari akan menerangi tempat-tempat tersebut.

Wisata Kota Kuno Petra
Wisata Kota Kuno Petra

Petra adalah kota metropolis raksasa berisi makam, monument dan tatanan keagamaan yang rumit lainnya yang di ukir di tebing batu dan merupakan ibukota dari kerajaan Nabatea. Budaya Timur Tengah yg masih sedikit di pahami ini menguasai sebagian besar di daerah Yordania modern dari abad ke-3 sampai dengan abad I Masehi. Para pedagang rempah-rempah makmur menyembah matahari, diantara dewa lainnya dan mungkin telah menekan kan penting nya khatulistiwa (Titik matahari yg membagi siang dan malam sama panjang), titik balik matahari, dan peristiwa astronomi lainnya yg telah di tentukan oleh bagaimana Matahari bergerak melintas langit.

Terletak di dataran rendah dan di apit oleh gunung-gunung yg membentuk sayap ini, akan membawa kepada jawaban atas sejarah & peradaban suku Nabatea, yg sejauh ini di yakini berperan penting memegang kontrol luas di Area Yordania sampai ke Jarziah Arab. Suku Nabatean berasal dari Arab bagian Barat Laut. Mereka tinggal di kota Yordania tetapi berpindah-pindah sampai membentuk kerajaan pada tahun 312 SM.

Hasil penelitian mereka menunjukan, bahwa san nya selama waktu dlm setahun seperti titik balik Matahari musim dingin , Matahari akan menyorot / selaras dengan beberapa bangunan yg paling penting di kota ini. Selama titik balik Matahari musim dingin di Petra, Matahari terbenam menciptakan cahaya dan bayangan di sekitar Altar suci di dalam monument yang di kenal sebagai Ad Deir/Biara tempat bangsa nabatea merasyakan perayaan keagamaan.

Sejarah Islam di Petra

Kota Petra mempunyai kaitan dengan sejarah Islam, karena kota ini tercantum dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Memang dalam hadis tidak disebutkan langsung Kota Petra, namun yang disebuat adalah bangsa Arab kuno bernama Anbath Asy-Syam. Menurut kitab Al-Qamus al-Islami, Kota Petra merupakan peninggalan Anbath Asy-Syam, yaitu bangsa Arab kuno yang tinggal di antara Semenanjung Sinai dan Harun.

Kota Petra dikelilingi gunung-gunung, salah satunya Gunung Harun atau Jabal Harun atau Gunung Hor atau El-Barra yang memiliki ketinggian sekitar 1.350 meter di atas permukaan laut. Banyak yang meyakini, di puncak Jabal Harun itulah Nabi Harun meninggal dan dimakamkan oleh Nabi Musa. Konon, Rasulullah SAW pernah mengunjungi gunung itu bersama paman nya Abu Thalib, saat berdagang ke Syam (Suriah). Tradisi Arab meyakini, Petra merupakan tempat Nabi Musa (Musa) memukul batu dengan tongkat nya hingga keluarlah air dari batu tersebut. Di kota itu juga terdapat nama tempat Wadi Musa untuk menyebut lembah sempit di wilayah itu. Pada abad ke-14 Masehi, sebuah masjid di bangun di tempat itu dengan kubah berwarna putih yang terlihat dari berbagai area di sekitar Petra. Konon, Nabi Harun tiba di wilayah itu ketika mendampingi Nabi Musa membawa umatnya keluar dari Mesir dari kejaran Raja Firaun.

Banyak orang yang berkunjung kesana hanya sekedar ingin tahu mengenai kota kuno tersebut yang sempat hilang hamper 500 Tahun lamanya dari peradaban manusia. Kota tersebut patut untuk di kunjungi karena mempunyai nilai sejarah yang tinggi.

Liburan Akhir Tahun dengan Wisata Kota Kuno Petra

Menjelajahi kota kuno Petra yang menjadi destinasi favorit wisatawan dunia akan menjadikan liburan anda dan keluarga lebih berkesan. Tunggu apalagi, booking dari sekarang dikarenakan seat wisata ke Kota Kuno Petra ini sangat terbatas. Dapatkan info detailnya melalui CS kami atau langsung ke kantor Rabbanitour di jl. Lengkong Kecil no.4 Bandung. Bagi anda pengguna aplikasi Whatsapp bisa langsung terhubung, silahkan KLIK no di bawah ini:[whatsapp number=”6282280001799″ background_color=”#3a589e” text_color=”white” background_color_on_hover=”#25D366″ auto_text=”Assalamualaikum, saya mendapatkan info tentang paket umroh plus petra dari halaman wisata kuno petra, mau tanya lebih lanjut boleh?” icon=”yes” display=”block”]082280001799[/whatsapp]