Publisher is the useful and powerful WordPress Newspaper , Magazine and Blog theme.

Berita Seputar Haji dan Umroh – Keistimewaan dan Khasiat Air Zam Zam

Keistimewaan dan Khasiat Air Zam Zam – Bagi umat Muslim, tentunya sudah tidak asing lagi dengan air suci yang berasal dari Mekkah ini. Air zamzam biasanya sudah menjadi khas oleh-oleh jamaah yang sudah menunaikan ibadah haji maupun umroh. Begitu pula para jamaah Rabbani tour, di saat kepulangan ke tanah air sudah dipastikan tiap jamaah akan mendapatkan 5 liter air zamzam. Berikut akan dipaparkan apa saja yang menjadi keistimewaan dan khasiat air zam zam.

Air zamzam ini terkenal dengan air yang kaya akan manfaat juga keberkahan dalam meminumnya dan menjadi makanan yang mengenyangkan, bahkan dipercaya dapat menjadi obat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal tersebut sudah dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim (HR Muslim).

Ari tersebut dinamakan zamzam, dikarenakan dari perbuatan Hajar. Ketika air zamzam keluar terpancar dengan begitu banyak dan melimpah, kemudian ia segera mengumpulkan dan membendungnya (bisa dibaca juga di Sejarah Terjadinya Air Zam Zam). Jika anda pergi ke tanah suci maka anda akan melihat dan meminumnya langsung dari sumbernya (bisa dibaca juga di artikel Letak Sumur Zam zam di Masjidil Haram).

“Liburan akhir tahun, Umroh Yuk?”

Keistimewaan dan Khasiat Air Zam Zam - Sumur Zamzam
Keistimewaan dan Khasiat Air Zam Zam – Sumur Zamzam

Keistimewaan Air Zamzam Menurut Pakar Sains

Walaupun sudah ribuan tahun yang lalu, sumur zamzam yang terletak di tanah Arab yang terkenal dengan gurun pasirnya yang gersang, namun sumur zamzam ini masih terus menerus mengeluarkan airnya dan tidak pernah kering. Seperti namanya “Zam-zam” yang artinya melimpah ruah, sumur zamzam ini tidak pernah mengalami surut walaupun sudah jutaan liter airnya terus diambil oleh umat Muslim yang telah berkunjung ke tanah suci dan oleh masyarakat Arab itu sendiri.

Banyak umat Muslim yang menganggap air zamzam ini mengandung berkah, juga merasakan energi luar biasa setelah meminumnya. Ternyata, tidak hanya masyarakat biasa yang meyakininya, begitupun para ilmuwan dunia yang telah meneliti air zamzam tersebut. Salah satunya Dr Hamdi Saif yang berasal dari Alexandria University telah menyimpulkan dalam penelitian ilmu kimia dan fisika dengan objeknya yaitu air zamzam, dia berpendapat bahwa air tersebut merupakan air terbaik di permukaan bumi. Air zamzam memiliki keseimbangan elektrolit yang juga berkhasiat untuk kesehatan. Air zamzam begitu murni dan alami, airnya terbebas dari mikroorganisme patogen. Menurut Dr Saif, air zamzam juga memiliki khasiat dalam pengobatan beberapa penyakit diantaranya; penyakit paru-paru dan ginjal, migrain, penyakit mata, dan berbagai penyakit lainnya.

Juga ada pendapat ilmuan lainnya yang datang dari negeri sakura, yaitu Dr Masasro Imoto. Ia menyimpulkan dalam penelitiannya bahwa air zamzam ini memiliki banyak sekali keistimewaan yang tidak dapat ditemukan pada air selainnya. Teknik nano yang digunakan dalam penelitiannya itu tidak dapat mengubah karakteristik air zamzam sedikitpun. Jika air biasa yang dicampurkan dengan setetes air zamzam maka air tersebut akan mendapatkan keistimewaan dari air zamzam.

Banyaknya keistimewaan yang dihasilkan dari penelitian tersebut membuat para ilmuan lainnya tertarik untuk lebih banyak meneliti lebih terhadap air zamzam. Kini air zamzam banyak diteliti di berbagai laboratorium yang ada di Arab juga Eropa. Hasil dalam penelitian-penelitian terhadap air zamzam menyimpulkan bahwa dalam air tersebut memiliki khasiat untuk penyembuhan berbagai macam penyakit dan juga memberikan nutrisi bagi tubuh. Hebatnya air zamzam ini tidak memiliki patokan waktu kadaluarsa.

[ Berwisata di Bumi Para Nabi ]

Perbedaan lainnya adalah, jika dalam sumur-sumur air biasa pasti akan terdapat bakteri atau lumut-lumut yang tumbuh di dalamnya, sedangkan pada sumur zamzam tidak ditemukan bakteri maupun lumut-lumut tumbuh di dalamnya. Subhanalloh, air zamzam merupakan nikmat Allah SWT yang telah diberikan pada hambanya dari sejak ribuan tahun yang lalu dan tidak pernah kering hingga saat ini.

Khasiat Air Zamzam

Pertama, air zamzam adalah air yang penuh keberkahan dan sebaik-baik air yang ada di muka bumi.Nabi Muhammad Saw bersabda,

Baca Juga Artikel Lainnya:

Keistimewaan dan Khasiat Air Zam Zam - zamzam air terbaik di muka bumi
Keistimewaan dan Khasiat Air Zam Zam – zamzam air terbaik di muka bumi

Syaikh al-albani mengatakan bahwa hadits tersebut Hasan, bisa dilihat dalam as-Silsilah ash-Shahihah no.1056.

Boleh mengambil keberkahan dari air tersebut karena hal tersebut sudah diisyaratkan oleh Nabi Muhammad Saw. Dianjurkan bagi orang yang meminumnya untuk memercikan air zamzam ke kepala, wajah dan dadanya.

Kedua, air zamzam bisa menjadi makanan yang dapat mengenyangkan. Nabi Muhammad Saw menyebut air zamzam sebagai:

Keistimewaan dan Khasiat Air Zam Zam - air zamzam sebagai makanan
Keistimewaan dan Khasiat Air Zam Zam – air zamzam sebagai makanan

“dari Ibnu Abbas, Rasululloh Saw bersabda, “sebaik-baik air yg terdapat di muka bumi adalah air zamzam. Di dalamnya terdapat makanan yg dapat mengenyangkan dan menjadi penawar penyakit.” (Hadits Hasan. Lihat Shahih Targhib wa Tarhib, al-Albani, 2/18)

Dalam kisah lain, Abu Dzar al Ghifari berkata, “dalam 30 hari, aku tidak memiliki makanan kecuali hanya ada air zamzam. Namun aku menjadi gemuk dan lemak pada perutku menjadi sirna. Aku tidak merasakan dalam hatiku kelemahan rasa lapar” (Shahih Muslim, 4/1919, cetakan Dar Ihya Turats Arabi, Beirut. Lihat juga Sirah Nabawiyah, al-Albani, 129)

Ketiga, air zam zam dapat berfungsi sebagai obat dalam penyembuhan berbagai penyakit. Dahulu ‘Aisyah Ra. Pernah membawa pulang air zamzam (dalam sebuah botol) kemudian mengatakan bahwa Rasulullah Saw pernah melakukan hal seperti itu. Diriwayatkan dari yang lainnya, dari Abu Kuraib terdapat tambahan:

Keistimewaan dan Khasiat Air Zam Zam - air zamzam sebagai obat
Keistimewaan dan Khasiat Air Zam Zam – air zamzam sebagai obat

“disebutkan dalam silsilah Shahihah, Rasulullah Saw pernah membawa air zamzam di dalam kantong-kantong air yang terbuat dari kulit. Kemudian beliau menuangkan dan membasuhkan (air zamzam) kepada orang yg sedang tertimpa sakit”.

Hadits tersebut diriwayatkan oleh al-Baihaqiy di dalam sunanul kubro 5/202 dan Syu’abul iman 3/1502. Kholad bin Yazid bersendirian. Juga menurut syeikh al-Albani dalam as-Silsilah ash-Shohihah no.883 mengatakan bahwa hadits tersebut Shahih karena memiliki penguat yaitu dari jalur Abu Zubair.

Keempat, air zam zam sesuai dengan apa yang didoakan. Hendaklah bagi seseorang yang akan meminum air zamzam untuk memperbanyak do’a. ketika akan meminumnya, hendaklah berdoa meminta kepada Allah SWT untuk kemaslahatan dunia dan akhiratnya. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits, dari Ibnu ‘Abbas Ra bahwasannya Rasululloh Saw bersabda:

Keistimewaan dan Khasiat Air Zam Zam - anjuran berdoa ketika meminum air zamzam
Keistimewaan dan Khasiat Air Zam Zam – anjuran berdoa ketika meminum air zamzam

“dari Ibnu ‘Abbas Ra, Rasulullah Saw bersabda: “air zamzam itu sesuai dengan niat ketika akan meminumnya. Bila engkau hendak meminumnya untuk obat, semoga Allah menyembuhkanmu. Jika engkau meminumnya untuk menghilangkan rasa haus, semoga Allah menghilangkannya. Air zamzam adalah galian Jibril dan curahan minum dari Allah kepada ismail.” (Hadits Hasan li Ghoirihi. Lihat shahih Targhib wa Tarhib, al-Albani, 2/19)

Demikian penjelasan singkat mengenai Keistimewaan dan Khasiat Air Zam Zam. Rasulullah Saw telah memberitahukan kita akan khasiat juga keutamaan yang dimiliki air zamzam yang tidak pernah kering tersebut, meskipun jutaan orang telah mengambilnya. Dengan mengetahui akan keistimewaan air zamzam tersebut, semoga menjadi bahan tafakkur dan dapat mempertebal keimanan juga sandaran kita kepada Allah SWT. Dia-lah yang Maha Penguasa juga mengatur segala apa yg ia kehendaki, wallahu a’alam.

Wisata Halal Eropa, Menjelajahi Negara-negara di Uni-Eropa bersama Rabbanitour

Liburan bersama keluarga ke berbagai negara di Uni-eropa, menikmati indahnya langit Turki dengan menaiki balon udara di Cappadocia, mengunjungi Masjidil Aqsha yang menjadi kiblat pertamanya umat Islam, atau menapaki sejarah di Cairo Mesir dengan mengunjungi Piramida dan Spinx, dapatkan paket-paket wisata lainnya juga hanya di Rabbanitour. Untuk info lebih lanjut segera hubungi CS kami di 0822-8000-1799. Bagi pengguna Whatsapp klik di bawah ini:


Umroh nyaman, Aman, 100% Berangkat, dan anda dapat fokus ibadah, Umroh bersama Rabbanitour. Ingin tau Promo, Diskon dan Info Paket apa saja yang ada di Rabbanitour baik seputar Umroh, Umroh Plus, Wisata Halal, Jadwal dan Biaya, anda bisa menghubungi kami di : 022-4206823 , Alamat Kantor di : Jl. Lengkong Kecil No. 04 Kota. Bandung  Khususnya bagi anda pengguna WHATSAPP, silahkan KLIK salah satu tim kami untuk langsung berkomunikasi dengan anda :