Rabbanitour & Travel
Travel Umroh Terpercaya Pilihan Keluarga Indonesia

9 Tempat Wisata di Amsterdam, Belanda

9 Tempat Wisata di Amsterdam, Belanda – Amsterdam merupakan ibukota juga menjadi kota terbesar di negara Belanda (Netherlands). Kota yang sudah ada sejak dari abad 12 dan pada saat itu baru dikenal dengan nama Amstelredamme, yg artinya dam (bendungan) sungai Amstel. Secara geografis, letak Amsterdam berada di Provinsi North Holland, wilayah barat Belanda. Kota ini dilewati aliran sungai Amstel. Dataran kota ini lebih rendah dari permukaan laut, dengan begitu pemerintah kota dari sejak abad ke-17 telah membangun banyak kanal & system pengaturan air, sehingga menjadi ciri khas kota ini. Di Amsterdam juga terdapat beberapa museum yang memiliki koleksi dari hasil para seniman dunia, seperti: Rembrandt, Van Gogh, Vermeer dan diarist Anne Frank.

[ Lihat juga Program Perjalanan Mini Europa (Amsterdam – Brussels – Bruges – Paris) ]

Berikut ada beberapa 9 Tempat Wisata di Amsterdam, Belanda yang patut anda kunjungi, diantaranya adalah:

  1. Rijksmuseum
9 Tempat Wisata di Amsterdam, Belanda
9 Tempat Wisata di Amsterdam, Belanda

Rijksmuseum merupakan sebuah museum nasional Belanda yang lokasinya di Museumplein, masuk di wilayah selatan Amsterdam. Ada tulisan “I Amsterdam”, di sebuah landmark terkenal di Amsterdam, masih satu lokasi di Museumplein, tepat di depannya museum. Rijksmuseum ini dibangun pada tahun 1800 di Den Haag yang kemudian dipindahkan ke Amsterdam di tahun 1808. Museum ini memiliki koleksi artefak seni & sejarah sekitar 1 juta objek, dimulai dari koleksi tahun 1200-an hingga saat ini. Tapi hanya 800-an objek yg hanya bisa dipamerkan ke muka publik. Diantara karya-karya tersebut ada sebagian karya seniman besar dunia seperti Rembrandt, Johannes Vermeer dan Frans Hals. Museum ini juga memiliki koleksi seni yg berasal dari Asia, yg pernah ditampilkan di Asian Pavilion.

  1. Royal Palace of Amsterdam
9 Tempat Wisata di Amsterdam, Belanda
9 Tempat Wisata di Amsterdam, Belanda

Royal Palace of Amsterdam atau dikenal juga dengan Paleis od de Dam ini merupakan satu dari tiga istana yang ada di Belanda dan tidak lagi digunakan oleh pihak kerajaan. Istana yang dibangun pada abad ke-17 di masa Dutch Golden Age, ini dahulunya berfungsi sebagai city hall. Kemudian dijadikan istana kerajaan pada masa Raja Louis Napoleon dan diubah menjadi Dutch Royal House. Bangunan istana ini berarsitektur klasik Belanda, dengan memiliki dome (kubah) juga di atasnya terdapat baling-baling penunjuk arah angin, sama seperti yang ada pada Museum Fatahillah di Jakarta.

  1. Anne Frank House

    9 Tempat Wisata di Amsterdam, Belanda
    9 Tempat Wisata di Amsterdam, Belanda

Anne Frank House merupakan sebuah rumah pribadi sekaligus juga menjadi museum biografi untuk mengenang Anne Frank, ia seorang gadis keturunan Yahudi Belanda (Dutch Jews) yg berhasil melarikan diri ketika terjadi pembantaian Nazi ketika Perang Dunia II. Ketika itu Anne Frank beserta keluarganya bersembunyi di ruang rahasia yg disebut dengan Secret Annex, namun pada akhirnya mereka tidak selamat. Pada tahun 1947, diary milik Anne Frank ditemukan, isinya berceritakan selama perang dunia terjadi, kemudian di tahun 1957 Anne Frank Foundation memutuskan akan mereservasi rumah tersebut. Dan pada tahun 1960, rumah tersebut dibuka sebagai museum hingga saat ini dan menjadi objek wisata yg sering dikunjungi di Belanda.

  1. Jordaan
9 Tempat Wisata di Amsterdam, Belanda
9 Tempat Wisata di Amsterdam, Belanda

Jordaan merupakan distrik yang lokasinya berada di pusat kota Amsterdam, masih masuk ke dalam wilayah Amsterdam-Centrum. Beberapa kanal mengelilingi Jordaan, antara lain: Lijnbaansgracht di sebelah barat, Prinsengracht di sebelah timur, Brouwersgracht di sebelah utara, Leidsegracht di sebelah selatan dan terakhir Rozengracht yang mengalir di tengah kota. Jordaan tersebut merupakan nama dari Bahasa Prancis ‘Jardin’ yang berarti ‘taman bunga’. Seperti arti namanya, kota Jordaan ini terlihat cantic dikarenakan di sepanjang jalan dan kanalnya terdapat bunga- bunga dan pepohonan.

[ Ikutilah Wisata Tour ke London & Scotland ]

  1. Begijnhof
9 Tempat Wisata di Amsterdam, Belanda
9 Tempat Wisata di Amsterdam, Belanda

Begijnhof merupakan sebuah lapangan (inner Court) yang lokasinya berada di lingkaran kanal Singel, di wilayah pusat kota Amsterdam. Jika biasanya lapangan-lapangan di wilayah Eropa itu berada di area terbuka, tidak demikian dengan Begijnhof. Lapangan tersebut dikelilingi oleh berbagai bangunan sehingga dinamakan inner court. Bangunan-bangunan tersebut merupakan rumah penduduk yg telah dibangun dari sejak abad pertengahan. Bangunan rumah yg memiliki arsitektur yg klasik khas belanda, yaitu terbuat dari kayu, atap berbentuk segitiga dan ukurannya yg tingi-tinggi.

  1. Oosterpark
9 Tempat Wisata di Amsterdam, Belanda
9 Tempat Wisata di Amsterdam, Belanda

Oosterpark ini termasuk di distrik Oost/Watergraafsmeer, termasuk wilayah timur Amsterdam (Amsterdam-Oost). Oosterpark ini berupa taman kota yg dibangun dari sejak tahun 1891. Dalam Bahasa Inggris Oosterpark adalah ‘English Garden’. Di taman tersebut terdapat sebuah kolam dan di tengahnya ada pulau kecil serta ada beberapa sarang burung grey heron. Di taman ini pula ada sebuah monumen perbudakan nasional (National Slavery Monument), untuk mengenang penghapusan perbudakan aya ada di Netherlands dari sejak tahun 1863.

  1. Vondelpark
9 Tempat Wisata di Amsterdam, Belanda
9 Tempat Wisata di Amsterdam, Belanda

Vondelpark merupakan sebuah taman kota dengan luas sekitar 47 hektar, taman ini juga menyediakan fasilitas teater open-air, horeca (bar/restoran) dan playground. Taman tersebut pertama kali dibangun di tahun 1865 dengan nama ‘Nieeuwe Park’ yang kemudian diganti namanya menjadi ‘Volndelpark’. Di taman tersebut terdapat rose garden pada bagian tengahnya, bangunan Blauwe Theehuis (Blue Tearoom), juga terdapat beberapa patung yang salah satunya merupakan karya Pablo Picaso.

  1. Amsterdam Arena
9 Tempat Wisata di Amsterdam, Belanda
9 Tempat Wisata di Amsterdam, Belanda

jika anda penyuka sepak bola, pasti sudah tidak asing di telinga anda dengan nama sebuah team dari Amsterdam, yaitu Ajax Amsterdam. Jadi jika nanti anda berwisata ke Amsterdam jangan lupa unutk mengunjungi tempat yg satu ini, Amsterdam Arena. Tempat ini merupakan stadion sepak bola, menjadi stadion terbesar yg ada di Netherlands yang dibangun sejak tahun 1993. Stadion ini menjadi markas dari klub AFC Ajax, dan dimulai untuk pertama kali di tahun 1996. Stadion yang dapat menampung 53.000 orang dan menjadi stadion bintang lima oleh UEFA.

[ Umroh Hebat + CAIRO hanya 25 JUTA ]

  1. De Gooyer Windmill
9 Tempat Wisata di Amsterdam, Belanda
9 Tempat Wisata di Amsterdam, Belanda

Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa Netherlands itu terkenal dengan kincir anginnya. Namun disayangkan untuk wilayah Amsterdam itu tidak cocok untuk menikmati pemandangan kincir, berbeda dengan di Kinderderdijk. Tidak perlu kecewa, ternyata Amsterdam juga mempunyai De Gooyer Windmill. Kincir angin yang terletak antara Funenkade & Zeeburgerstraat ini merupakan kincir angin yang terbuat dari kayu juga menjadi kincir tertinggi di Netherlands dan merupakan National Monument. Kincir angin yg dibangun di abad ke-16 dengan nama ‘The Funenmolen’ (the Mill of the funen) yang kemudian oleh pemerintah kota namanya dirubah menjadi ‘De Goyer’. Namun sampai saat ini De Goyer Windmill sudah tidak beroperasi lagi dan tidak dibuka untuk publik. Jadi para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata tersebut hanya dapat menyaksikan di luar saja.

Demikian paparan singkat mengenai 9 Tempat Wisata di Amsterdam, Belanda semoga bisa menginspirasi perjalanan wisata anda di Amsterdam. bersama Wisata Halal Muslim, tour anda akan terjamin kehalalan makanannya dan terjaga waktu shalatnya. dapatkan promo diskon umroh untuk Paket Umroh Keluarga dan diskon $50 bagi anda alumni Rabbani Tour. Segera daftarkan diri dan keluarga anda untuk booking seat, sebelum kehabisan kuota!!! umroh yuk, Asyiiikk!!!